6 Anjuran Amal Ibadah Rasulullah SAW di Bulan Ramadan, Patut Ditiru

156

Di bulan Ramadan yang penuh berkah dan rahmat ini sudah sepantasnya kita meningkatkan intensitas dan kualitas amal ibadah agar kita menjadi manusia yang beruntung dan juga bisa mendapatkan banyak ganjaran baik.

Sebagai umat Muslim, sudah sepatutnya kita mencontoh perilaku Rasulullah SAW, termasuk dalam menjalankan berbagai ibadah sunnah selama Ramadan. Berikut adalah beberapa amalan yang selalu dilakukan Rasulullah di bulan Ramadan yang patut kita tiru.

1. Menyegerakan berbuka

Setelah berpuasa sepanjang hari, Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk segera berbuka begitu mendengar adzan maghrib berkumandang. Seperti pada hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim

2. Berbuka dengan kurma dan air putih

Untuk menu berbuka pun, Rasulullah SAW memiliki menu favorit yang mana kita juga disunnahkan untuk mengikuti hal tersebut. Rasulullah SAW biasanya membatalkan puasa dengan kurma dan air putih. Bukan tanpa alasan, kurma terbukti ampuh mengembalikan energi tanpa meningkatkan kadar gula darah secara drastis, serta berbagai manfaat lain.

3. Berdoa di waktu berbuka

Sesaat setelah kamu berbuka dengan kurma pertamamu, jangan lupa untuk berdoa pada Allah SWT dan meminta apa yang selama ini menjadi harapanmu. Sebab, momen berbuka puasa merupakan saat di mana doa yang kamu panjatkan sangatlah mustajab. Jadi, jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk berdoa dan meminta kepada Allah SWT.

4. Makan dan mengakhirkan sahur

Laman: 1 2

Promot Content

You might also like
close