Amalan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadan Beserta Keutamaannya

47

Amalan 10 hari terakhir Bulan Ramadan memiliki keutamaan yang sangat besar. Pada malam ini, biasanya malam yang lebih baik dari 1000 bulan, yaitu malam lailatul qadar datang, dan Rasulullah pun semasa hidupnya memperbanyak ibadah pada malam-malam ini.

Di dalam hadis riwayat ‘Aisyah dijelaskan “Ketika memasuki sepuluh akhir Ramadan, Nabi fokus beribadah, mengisi malamnya dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut ibadah,” (HR Al-Bukhari).

Pada masa 10 hari terakhir Bulan Ramadan ini, Allah SWT akan membebaskan hamba-Nya yang berpuasa dari segala dosa dan terbebas dari siksa api neraka. Amalan 10 hari terakhir Bulan Ramadan juga berkaitan dengan turunnya Al-Qur’an dan malam lalilatul qadar ini.

Malam lailatul qadar sendiri merupakan malam yang mulia, di mana para malaikat turun ke bumi untuk membawa ketenangan dan kedamaian. Walaupun tidak diketahui kapan datangnya, umat Islam diminta untuk mengusahakannya di 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Perbanyak membaca Al-Qur’an
Amalan di 10 terakhir bulan Ramadan yang bisa kamu lakukan adalah membaca Al-Qur’an. Apalagi, pada bulan inilah nuzulul quran diperingati. Peringatan seperti ini sangat disambut oleh umat Muslim untuk melakukan tadarus bersama, kajian Al-Qur’an, khataman bin-nadhar (khataman Al-Qur’an tanpa menggunakan mushaf yang biasa dilakukan oleh para huffadz).

Hal ini seperti sabda Rasulullah: “Carilah malam lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Imam Bukhari). Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/5/2020) tentang amalan 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Bagi Rasulullah, membaca Al-Qur’an merupakan upaya untuk berbincang dan berkomunikasi dengan Allah SWT. Selain itu, dengan membaca Al-Qur’an juga akan mendapatkan berbagai keistimewaan seperti hidup lebih bahagia, selamat dari hisab di hari mahsyar, mendapat rahmat Allah di hari pembalasan, dan mendapatkan petunjuk sehingga tidak akan tersesat.

Menurut Imam Nawawi, membaca Al-Qur’an di 10 hari terakhir bulan Ramadan lebih baik dilakukan di akhir malam daripada awal malam dan membaca Al-Qur’an yang paling baik di siang hari adalah saat setelah shalat subuh. Abu Bakar Syatha menambahkan, membaca Al-Qur’an di malam hari lebih utama daripada siang hari karena lebih fokus.

Mengerjakan Salat Malam

Laman: 1 2 3

Promot Content

You might also like
close