Hoax Vs Fakta Dukhan Tanda-tanda Kiamat, Ini Pendapat Ustaz Abdul Somad

18

Isu dukhan yang berkaitan dengan asteroid dan tanda-tanda kiamat, belakangan kerap dibicarakan para muslim. Dukhan yang berarti kabut atau asap disebut dalam hadist dan Al-Qur’an.

Dalam video yang diunggah lewat YouTube, Ustaz Abdul Somad sempat menyinggung isu dukhan dalam ceramahnya. Pertengahan Ramadhan yang jatuh pada hari Jumat 15 Ramadhan 1441 H.

Apakah ini menandakan akan terjadi persis seperti yang dikatakan dalam hadist? Hoax atau fakta?

“Wallahu a’lam. Tapi lebih baik kita melakukan persiapan. Jika memang terjadi maka kita sudah, karena persiapan ini diperlukan. Tapi jika tidak terjadi mungkin hadistnya yang tidak shohih,” kata UAS.

Ustaz Abdul Somad mengatakan, persiapan menjadi sikap yang tepat saat menanggapi ceramah tentang prediksi. Persiapan memungkinkan tiap muslim berada dalam kondisi terbaik saat takdir Allah SWT menjemputnya setiap saat.

Sebelumnya, Ustaz Adi Hidayat sempat menjelaskan soal dukhan dan tanda-tanda hari akhir. Informasi seputar kejadian di 15 Ramadhan tersebut ada dalam Kitabul Fitan dari Imam Nu’aym bin Hammad.

“Secara singkat disampaikan, pada pertengahan atau 15 Ramadhan malam Jumat akan ada pekik suara yang kencang hingga mengakibatkan orang tidur menjadi bangun karena kagetnya,” kata Ustaz Adi dalam channel YouTube Aku Suka 14 Ramadhan Spesial Edition-Isu Dukhan dan Benturan Asteroid.

Kitab tersebut juga menyebutkan amalan saat menghadapi dukhan. Hadist kejadian 15 Ramadhan inilah yang dianggap melegitimasi kejadian kedatangan asteroid, menimbulkan pekik kencang, hingga muncul asap yang disebut dukhan.

Isu dukhan inilah yang kemudian menyebar di kalangan masyarakat umum dan menjadi tanda-tanda kiamat. Isu berkembang tanpa ada pemeriksaan kualitas informasi yang menjadi sumber referensi dalam Kitabul Fitan.

Laman: 1 2

Promot Content

You might also like
close