Jelang Lebaran Gerai Matahari Buka Lagi, Pasar Pakaian Juga?

26

Sejumlah toko modern sudah mulai kembali membuka gerainya, misalnya PT Matahari Departement Store Tbk (LPPF). Bagaimana dengan pasar tradisional? Pasar tradisional yang berbasis pakaian di Jakarta seperti Tanah Abang sudah lama ditutup sementara karena PSBB.

Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ferry Juliantono menyebut pasar tradisional memang tetap membuka operasional khususnya yang menjual kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sayangnya, protokol kesehatan yang disediakan oleh pemerintah dirasa masih sangat minim.

“Pasar itu tempat rentan penyebaran virus corona. Namun pemerintah sangat tidak cukup memperhatikan protokol kesehatan di Pasar. Dari sejak awal, rumah sakit dan pasar harus tetap buka, tapi rumah sakit itu perhatian dari pemerintah dan masyarakat besar. Tapi pasar meski harus buka melayani kebutuhan, dari sisi kelengkapan perlindungan, protokol kurang banget,” katanya kepada CNBC Indonesia, Rabu (13/5).

Ferry mengungkapkan sebenarnya sudah ada kesepakatan dalam memberi perhatian lebih kepada pedagang pasar. Salah satu poinnya adalah menjaga jarak antar pedagang atau kios, caranya dengan menggunakan lahan kosong seperti parkir sebagai tempat berjualan. Agar jarak antar pedagang tetap terjaga. Namun, penerapannya masih terasa compang-camping.

“Kita sebenarnya satu minggu lalu lakukan pertemuan zoom antara Mendag, Ketua komisi 6, Pak Doni Monardo (Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19), Asosiasi, Pemerintah Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia, sebetulnya sudah sepakat menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat di pasar,” katanya.

“Namun, Terus terang karena perhatian pemerintah pusat, provinsi sangat dirasa kurang, pedagang secara swadaya melakukan penggunaan alat untuk masker. Tapi kan terbatas,” lanjut Ferry yang menjabat ketua Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkopas).

Jika pasar tradisional mengalami hal demikian, maka ritel modern sebaliknya. Pusat perbelanjaan dinilai paling siap dalam menyiapkan SOP (prosedur operasi standar). Selain karena manajemen yang lebih rapi, perhatian pemerintah pun dirasa lebih besar.

Matahari bahkan mulai membuka sejumlah gerai di seluruh Indonesia. Padahal, banyak daerah yang masih menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dengan aturan melarang perusahaan tekstil atau fesyen untuk kembali buka.

“Ada beberapa yang sudah buka [gerai Matahari]. Ini sebagai respons agar produktivitas bangkit lagi,” kata Wakil Komisaris Matahari Departemen Store Roy N Mandey kepada CNBC Indonesia melalui sambungan telepon, Rabu (13/5/2020).

Laman: 1 2

Promot Content

You might also like
close