Kisah Pelik McDonald’s Sarinah hingga Akhirnya Tutup

25

McDonald’s pertama di Indonesia di Gedung Sarinah Jalan Thamrin, Jakarta Pusat tutup pada 10 Mei 2020 mendatang setelah operasi hampir 30 tahun. Banyak cerita mengiringi perjalanan restoran cepat saji di lokasi tersebut.

Tidak hanya cerita yang membahagiakan, tapi juga cerita yang ‘pelik’ di dalamnya. Salah satunya terkait perubahan McDonald’s menjadi ToniJack’s.

detikcom pernah mencatat peliknya perjalanan McDonald’s ini. Di mulai dari kisah pengusaha nasional Bambang Rachmadi saat meluncurkan ToniJack’s. Saat itu, ia mengenang saat-saat merintis pendirian karir McDonalds di Indonesia.

Tempat ini adalah yang bersejarah karena di Sarinah inilah, pada tahun 1991 saya mulai usaha saya sebagai wiraswasta,” kenang Pemilik TonyJack’s Indonesia, Bambang Rachmadi di TonyJack’s Sarinah, Jakarta, 1 Oktober 2009 silam.

Kisah bisnis Bambang bermula setelah dirinya berhenti dari Presiden Direktur Panin Bank untuk mewujudkan impiannya menjadi wiraswastawan. Dirinya mengaku iri melihat para nasabahnya yang sukses setelah mendapatkan kredit dari bank.

“Saya iri lihat nasabah saya, setelah dibantu kasih kredit, advice, kenalin satu dengan yang lain. Dalam beberapa tahun bisa maju. Buat saya yang penting bukan uangnya, tapi kepuasannya,” ujarnya.

Akhirnya pada tahun 1991, Bambang berhasil membuka McDonald’s pertama di Indonesia. Bambang berkisah, ketika pertama kali berbisnis dengan McDonald’s, mereka sama sekali tidak tahu medan di Indonesia.

“Waktu ke sini mereka takut karena waktu itu banyak petinggi Indonesia, yang mau McD. Itulah sebabnya Indonesia jadi negara terakhir di Asia tenggara yang masuk McD. Indonesia baru 1991, Singapura sudah dari tahun 1985. Akhirnya setelah saya bicara mereka mau ke sini. Waktu ke sini mereka masih pelanga-pelongo, mereka masih bego. Kita sebagai orang lokal nunjukin ini penjual kentang dan daging yang bagus dan sebagainya,” urainya.

Namun manisnya kerjasama Bambang dengan McDonald’s itu kemudian harus berakhir. Bambang memaparkan, sebenarnya kerjasamanya dengan McDonald’s baru akan berakhir pada 2011. Namun pada tanggal 11 Agustus 2009, pihak McDonlads mengultimatum agar pihaknya segera menutup 13 gerai McDonlads miliknya pada 15 September 2009.

Laman: 1 2 3

Promot Content

You might also like
close